Ginjal merupakan salah satu organ yang vital pada manusia. Sepasang anggota dalam tubuh yang berbentuk seperti kacang yang terletak di kiri kanan pinggang ini berfungsi sebagai alat pembuangan sisa-sisa ‘limbah’ yang dihasilkan oleh tubuh seperti urea, asam urat, amoniak, creatinin, garam anorganik, bakteri, dan juga obat-obatan, yang dibuang melalui urin saat Kita berkemih. Jika zat tersebut tidak dikeluarkan maka akan menjadi racun yang dapat membahayakan kesehatan di dalam tubuh. Fungsi ginjal lainnya adalah sebagai pengontrol jumlah cairan darah yang dipertahankan agar tetap seimbang didalam tubuh. Tanpa adanya kontrol dari ginjal maka tubuh akan menjadi kering karena kekurangan cairan darah atau sebaliknya, tubuh tenggelam karena kebanjiran cairan didalam tubuh yang menumpuk tidak terbuang.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menjaga agar ginjal tetap sehat? Cara paling mudah adalah dengan rutin minum air putih sebanyak 2 hingga 3 liter setiap hari. Jika asupan air tinggi maka kekentalan darah seseorang akan menurun. Ini membantu kerja ginjal untuk menyaring racun dan zat sisa dalam darah, serta volume urin akan meningkat sehingga menurunkan risiko terkena penyakit batu saluran kemih.

Selain itu, jika kita memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit diabetes atau hipertensi, akan sangat bijaksana bila melakukan check up kadar gula darah dan tekanan darah secara rutin. Lalu, setiap satu tahun sekali, lakukan tes carik celup atau creatinine clearance test (CCT) untuk memeriksa apakah ginjal Kita dan keluarga dalam kondisi baik-baik saja.

Gaya hidup sehat juga wajib Kita dan keluarga lakukan untuk menjaga ginjal tetap sehat, seperti rutin beraktivitas dan berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, menjaga berat badan yang normal, dan yang paling penting adalah tidak merokok dan minum minuman beralkohol.

Jadi, jangan pernah ragu-ragu lagi untuk selalu mengonsumsi air putih untuk kesehatan ginjal Kita dan keluarga.